sejarah anime di jepang

Sejarah Anime Dari Negara Asalnya Yaitu Jepang


Sejarah anime di Jepang memiliki akar yang panjang dan berkembang seiring waktu. Berikut adalah gambaran singkat mengenai sejarah anime di Jepang:

  1. Awal Abad ke-20:
    • Beberapa penelitian mengidentifikasi penampilan awal anime pada awal abad ke-20, terutama dalam bentuk animasi yang digunakan untuk keperluan pendidikan dan hiburan.
  2. Perang Dunia II:
    • Selama Perang Dunia II, industri film di Jepang mengalami pembatasan dan kendala. Setelah perang, industri ini mulai pulih dan munculnya animasi Jepang modern dimulai.
  3. Tahun 1950-an:
    • Anime awal lebih fokus pada cerita pendek dan propaganda. Salah satu contohnya adalah “Namakura Gatana” (The An Obtuse Sword) yang dirilis pada tahun 1917. Pada 1950-an, anime pendek seperti “Astro Boy” (Tetsuwan Atom) karya Osamu Tezuka menjadi populer dan membuka jalan bagi perkembangan anime sebagai bentuk hiburan utama.
  4. Tahun 1960-an dan 1970-an:
    • Periode ini melihat pertumbuhan pesat dalam industri anime. Anime seperti “Speed Racer” (Mach GoGoGo), “Gigantor” (Tetsujin 28-go), dan “Sally the Witch” (Mahōtsukai Sarī) menjadi populer di dalam dan luar Jepang. Studio seperti Toei Animation berkontribusi pada era ini.
  5. Tahun 1980-an:
    • Pada tahun 1980-an, genre anime semakin beragam. Anime seperti “Mobile Suit Gundam,” “Dragon Ball,” dan “Akira” mendefinisikan dekade ini. Munculnya slot garansi kekalahan bebas ip video cassette dan penyiaran televisi membawa anime ke pasar internasional.
  6. Tahun 1990-an:
    • Popularitas internasional anime terus berkembang pada 1990-an dengan serial seperti “Sailor Moon,” “Pokémon,” dan “Neon Genesis Evangelion.” Studio Ghibli, yang dipimpin oleh Hayao Miyazaki dan Isao Takahata, memperoleh reputasi internasional dengan film-film seperti “My Neighbor Totoro” dan “Princess Mononoke.”
  7. Tahun 2000-an hingga Sekarang:
    • Dengan kemajuan teknologi, produksi dan distribusi anime semakin terfasilitasi. Genre anime semakin berkembang dan mencakup berbagai tema dan gaya animasi. Serial dan film seperti “One Piece,” “Naruto,” “Attack on Titan,” dan “Your Name”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *