Di Kejuaraan Dunia Bela Diri Kempo Atlet Indonesia Borong Medali 2023

Di Kejuaraan Dunia Bela Diri Kempo Atlet Indonesia Borong Medali 2023

Para kenshi (atlet kempo) Indonesia berhasil meraih 4 emas, 3 perak dan 5 perunggu dalam Kejuaraan Dunia Shorinji Kempo, di Nippon Budokan, Tokyo, Jepang. Prestasi ini di torehkan dalam Kejuaraan Dunia Kempo, “2023 World Taikai”.

Berdasarkan laporan KBRI Tokyo, Senin (9/10/2023), sebanyak 41 negara yang terlibat dalam Kejuaraan Dunia Kempo menurunkan para Kenshi yang bertanding pada 36 nomor pertandingan. Kontingen Indonesia yang terdiri dari 153 Kenshi turut dalam 19 nomor pertandingan.

Ketua Lazim Pengurus Besar Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (PB PERKEMI) Laksmana Madya (Purn) Agus Setiadji menegaskan bahwa Indonesia ialah jawara kedua.

“Indonesia menorehkan prestasi gemilang dengan menduduki jawara kedua, setelah tuan rumah Jepang,” terang Agus Setiadji. Dia menambahkan menurut komunikasi dengan Presiden World Shorinji Kempo Organization (WSKO), Kouma So Sensei, WSKO akan memperkenankan Indonesia menjadi tuan rumah kejuaraan dunia Kempo antar mahasiswa pada tahun 2025.

Berikut nama-nama atlet yang meraih medali:

Medali Emas

  • Farel Totomone & Aristo Naben (embu pasangan putra kyu kenshi)
  • Yustino Elmaser & Dionisius Ramli (embu pasangan 2-dan)
  • Aviva Amelia Iskandar dan Dinda Rizky Amelia (embu pasangan putri kyu Kenshi)
  • Putra Gadang Mulia Gusti (embu solo kyu kenshi)

Medali Perak

  • Dewinda F. Pinis dan Romana Kenshi Balla (embu pasangan putri kyu kenshi)
  • Ingki D. Pinis & Fitri Radja Huki (embu pasangan 1-dan)
  • Nur Indah Ekayati & Yulia sari (embu pasangan putri 2-dan)

Medali Perunggu

  • Varel Kuhurima (embu solo kyu-I)
  • Revi Pratama Syam dan Erik Syahputra (embu pasangan putra kyu kenshi)
  • Didi Rahim Ramadhon dan Muh. Faturrahman (embu pasangan putra kyu kenshi)
  • Hafsa & Randi (pasangan campuran 3)
  • Larasaati Sandradevi & Renasto Prastiwi (embu putri kyu kenshi)

KBRI Tokyo Beri Dukungan

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi juga mempersembahkan kebanggaannya kepada atlet-atlet Indonesia yang meraih prestasi ini.

Selamat kepada Tim Kempo Indonesia. Terus pertahankan raihan prestasi ini. Kerja keras kalian membawa harum nama bangsa. Kibarkan terus merah putih dalam tiap event pertandingan dunia,\\” tegas Dubes Heri.

Adapun prestasi lainnya antara lain peringkat-4 di bawah Jepang di peroleh oleh Danieta Belavania (embu solo yudansha), Fernando A. Balla (embu solo yudansha), dan beregu (Aristo Naben, Fetria Delviyanti Rajahuki, Gaverin N.F Radewila, Ferel Kuhurima, Danieta Belavania dan Mario Moniz Bere). Sementara untuk peringkat-5 diraih Mario M. Bere.

Dari 153 Kenshi Indonesia beberapa di antaranya akan mencontoh ujian kenaikan tingkat (dan-grading) di Honbu Tadotsu, Provinsi Kagawa, mulai 9 Oktober 2023.

Indonesia Gagal Penuhi Target Emas Asian Games 2022, Menpora Minta Maaf

Beralih ke Asian Games, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo minta maaf kepada semua masyarakat menyusul kegagalan Indonesia memenuhi target medali emas Asian Games 2022.

“Aku mau mengungkapkan permohonan maaf pada semua masyarakat Indonesia dan Bapak Presiden Republik Indonesia karena target dari beliau 10 besar tak tercapai,” kata Dito di Jakarta, Minggu (8/10).

Dia melanjutkan, pihaknya sebelumnya menargetkan bisa masuk 12 besar dan merebut delapan emas.

“Wajib kita akui meleset sedangkan sangat sedikit, satu medali lagi dan satu peringkat lagi. Kita ada di peringkat 13 dan tujuh medali emas,” katanya.

Menpora mengakui rapor Indonesia di Asian Games 2023 tak layak kemauan, terutama menyusul persiapan yang matang dan kerja keras oleh atlet-atlet Indonesia.

Dito menyebut hal ini menjadi menjadi peristiwa introspeksi yang penting bagi dunia olahraga Indonesia.

“Namun kita harus bangga karena untuk dalam sejarah Asian Games di luar kita tuan rumah, ini cukup signifikan kenaikannya,” ungkap Menpora, di informasikan Antara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *