Contoh Berita Hoaks yang Pernah Beredar di Indonesia

Contoh Berita Hoaks – Berita hoaks merupakan berita bohong atau tipuan yang ringan menyebar di kalangan masyarakat. Sebagian orang yang tidak berpikir logis dan kritis bisa saja termakan oleh berita hoaks. Namun, kalau seseorang miliki analisis logis dan kritis maka ia bakal melacak sumber lain berkenaan berita berikut agar tidak dipengaruhi dengan suatu berita hoaks.

Berita hoaks tentu saja bisa merugikan dan menggemparkan masyarakat. Berita hoaks biasanya ditulis sedemikian rupa agar pembaca percaya dengan berita tersebut. Namun, lambat laun berita hoaks tentu saja bakal ketahuan.

Hal ini karena tidak semua orang ringan percaya hoaks. Bahkan, Kementerian Komunikasi dan Informasi tentu saja bakal mendukung untuk menyelidiki suatu berita yang menggemparkan masyarakat. Jika ketahuan bahwa berita berikut adalah hoaks maka pembuat berita bakal diurus dengan pihak yang berwajib.

Di dalam buku ini penulis secara tidak segera termasuk menghubung-hubungkan kenyataan Hoax yang kejam ini dengan Komunisme dan tragedi 9-11.

Di bawah ini adalah sebagian berita hoaks yang dulu beredar di Indonesia. Yuk Grameds, lihat ulasan berikut!

Berita Hoaks Babi Ngepet

Berita hoaks babi ngepet tersebar terhadap tahun 2021. Berita hoaks ini berawal berasal dari tersangka yang bernama AI menyebarkan isu berwujud babi ngepet yang keluar di area Bedahan, Sawangan, Depok. AI mengaku bahwa rumor babi ngepet ini digunakan sebagai solusi untuk warga yang selamanya mengeluh kehilangan duit berasal dari Rp1.000.000,00 – Rp2.000.000,00.

Untuk mendukung berita berikut agar semua warga percaya, ia sbobet merekayasa cerita bahwa berjalan penangkapan babi ngepet yang salah satu caranya harus telanjang, selanjutnya ia termasuk membawa dampak fakta bohong yang menyatakan bahwa ukuran babi tambah mengecil dengan sendirinya, hingga belanja babi secara online senilai Rp900.000,00. Semua kebohongan yang diceritakan AI itu terbongkar dan pada akhirnya ia terancam dihukum selama 10 tahun.

Berita Hoaks Ratna Sarumpaet

Berita hoaks ini dulu viral terhadap tahun 2018. Berita ini masuk dalam peringkat pertama yang paling banyak dibicarakan oleh masyarakat. Hoaks yang disampaikan dalam berita adalah penganiayaan Ratna Sarumpaet. Berita ini menampilkan bukti sebuah foto yang menyatakan wajah Ratna Sarumpaet layaknya memar dan bengkak.

Awalnya hoaks ini disebarkan lewat Facebook yang diunggah terhadap 2 Oktober 2018. Setelah itu berita termasuk sempat tersebar dengan cepat di Twitter. Bahkan sebagian tokoh politik termasuk menanggapi dan membenarkan adanya penganiayaan terhadap Ratna Sarumpaet tanpa verifikasi kebenaran masalah tersebut.

Lalu, setelah mendapat banyak perhatian berasal dari masyarakat, polisi menyelidiki berita yang beredar tersebut. Setelah diselidiki maka didapatkan hasil bahwa berita berikut adalah hoaks. Wajah bengkak yang berjalan terhadap Ratna Sarumpaet merupakan dampak berasal dari operasi bukan sebuah penganiayaan.

Berita Hoaks Blue Energy

Hoaks selanjutnya adalah masalah hoaks blue kekuatan yang berjalan tahun 2008 terhadap era kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Kasus ini berwujud penemuan bahan bakar (blue energy) yang ditemukan oleh Djoko Suprapto. Penemuannya itu sempat mendapat perhatian berasal dari tim Kepresidenan Susilo Bambang Yudhoyono.

Setelah diselidiki, ternyata penemuan berikut hanya menggunakan air sebagai penghematan bahan bakar minyak (BBM) bukan mengubah air menjadi sebuah bahan bakar.

Berita Hoaks Pembangkit Listrik Tenaga hampa (PLTH)

Selain blue energy, ada termasuk berita hoaks yang tersebar berkenaan bahan bakar yaitu pembangkit listrik tenaga hampa (PLTH) yang berjalan terhadap tahun 2012. Kali ini penemuan ditemukan oleh Slamet Haryanto yang biasa dipanggil Mbah Embing. Ia adalah tukang servis dinamo yang menemukan pembangkit listrik tenaga hampa tersebut. Pada selagi itu ia menyatakan bahwa tidak harus menggunakan tenaga apa pun untuk membuahkan listrik.

Berita berikut tersebar dengan cepat dan mendapat banyak perhatian berasal dari masyarakat dan juga membawa dampak penasaran oleh penemuan Mbah Embing itu. Bahkan, Dahlan Iskan yang terhadap selagi itu menjabat sebagai Menteri BUMN sempat percaya dengan perihal tersebut.

Nyatanya Mbah Embing menyambungkan aliran listrik ke bawah tanah agar membuahkan kekuatan listrik. Ia melakukan perihal itu agar seolah-olah tidak memerlukan kekuatan tambahan untuk membuahkan listrik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *