Cara Membersihkan Laptop Bagian Luar

Laptop merupakan perangkat penting yang sering digunakan untuk pekerjaan dikantor atau dirumah dan di berbagai tempat. Untuk menjaga kesehatan laptop anda harus mengetahui cara membersihkan laptop yang tepat.

Penggunaan laptop yang mudah dibawa kemana-mana membuat laptop anda mudah terpapar debu atau kotoran bahkan bakteri dan virus. Biasanya karena terlalu banyak debu atau kotoran pada laptop akan membuat laptop menjadi kusam bahkan menjadi lemot.

Hal tersebut karena debu atau kotoran menumpuk pada bagian dalam laptop yang tidak terlihat dan sulit untuk dibersihkan. Sebaiknya anda jadwalkan pembersihan secara menyeluruh laptop setiap satu bulan sekali kepada ahlinya.

Selain itu anda juga bisa melakukan pembersihan sederhana pada bagian luar laptop seperti layar, bagian belakang dan keyboard. Termasuk bagian pinggir laptop, biasanya pada socket yang jarang dipakai menjadi penuh kotoran.

Cara Membersihkan Laptop Tanpa Takut Merusak Perangkat

Untuk menghindari terjadinya tumpukan kotoran pada laptop anda harus melakukan beberapa perawatan dan pembersihan sederhana. Agar laptop dapat terjaga dengan baik dan membuat perangkat laptop anda menjadi lebih awet.

Berikut beberapa langkah membersihkan laptop :

1.Siapkan Perlengkapan

Sebelum menyiapkan peralatan atau perlengkapan, pastikan laptop Anda dalam keadaan mati dan tidak sedang diisi daya. Langkah selanjutnya yaitu siapkan peralatan atau perlengkapan yang akan digunakan untuk membersihkan laptop.

Diantaranya seperti air, cairan pencuci atau sabun, cotton bud, cairan alkohol, spons, kain microfiber, sikat kecil dan wadah air. Perlengkapan lainnya bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan ketika melakukan pembersihan.

2.Bersihkan Bagian Luar Laptop

Setelah menyiapkan peralatan, pertama anda bersihkan terlebih dahulu bagian luar laptop menggunakan spons. Tambahkan air pada spons lalu peras airnya agar tidak terlalu banyak air yang dipakai ketika membersihkan bagian laptop.

Lap semua bagian laptop hingga ke bagian bawah secara merata, jika perlu gunakan sikat untuk membersihkan noda yang membandel. Jika sudah anda bisa menggunakan kain microfiber untuk mengeringkan laptop yang sudah dibersihkan.

Sementara untuk bagian samping laptop anda bisa menggunakan cotton bud yang dicelupkan pada alkohol pembersih. Bersihkan soket atau port laptop dengan hati-hati, jangan terlalu banyak menggunakan alkohol cukup gunakan sedikit saja untuk menghindari konslet.

3.Bersihkan Keyboard Laptop

Setelah bagian luar selesai, lanjut pada bagian dalam atau keyboard terlebih dahulu yang merupakan bagian cukup sulit untuk dibersihkan. Keyboard juga rentan mengalami kerusakan jika tidak dibersihkan dengan baik.

Keyboard juga bisa menjadi bagian dari laptop yang paling kotor karena mudah sekali terkena kotoran. Penyebabnya seringkali karena debu, remah-remah makanan, minyak, dan kotoran lainnya yang menempel atau masuk ke sela-sela tombol keyboard.

Untuk membersihkannya, hadapkan keyboard ke bawah lalu goyangkan perlahan laptop agar kotoran kecil yang menempel bisa terlepas. Anda juga dapat meniupnya jika melihat ada kotoran yang menempel.

Setelah itu anda bisa membersihkan tuts pada keyboard menggunakan kapas yang dibasahi alkohol pembersih. Sebaiknya lap tombol pada keyboard secara perlahan dengan lembut dan merata, jangan lupa pastikan tidak ada air yang masuk kedalam keyboard.

Alkohol pembersih digunakan karena mempunyai sifat yang mudah menguap sehingga akan mengurangi resiko air masuk ke sela-sela tuts. Selain itu alkohol juga mempunyai sifat untuk membersihkan yang paling efektif.

4.Bersihkan layar laptop

Gunakan kain microfiber basah yang disemprot dengan alkohol untuk membersihkan kotoran pada  layar laptop. Pastikan untuk menyeka perlahan dalam satu arah, jika perlu anda bisa menggunakan cairan pembersih LCD agar bisa memaksimalkan pembersihan layar.

Ketika membersihkan laptop pastikan anda tidak menggunakan banyak air karena akan berpotensi pada kerusakan laptop. Cara membersihkan laptop diatas bisa anda lakukan secara rutin di rumah, namun tetap harus dilakukan pembersihan total sebulan sekali kepada ahlinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *