9 Daftar Mata Uang Kripto Terpopuler Di Dunia

Saat ini, cryptocurrency sebagai mata uang atau alat investasi sudah tidak asing lagi bagi banyak orang. Beberapa mata uang kripto terpopuler di dunia sudah dipakai oleh banyak kalangan seiring meningkatnya popularitas cryptocurrency.

Popularitas cryptocurrency meningkat ketika Elon Musk dan Steve Wozniak menyatakan preferensi mereka untuk cryptocurrency. Nilai mata uang yang fantastis membuat banyak pihak tertarik mengumpulkan mata uang kripto sebagai alat transaksi.

Berdasarkan data dari forbes pada tanggal 1 November, inilah 8 mata uang kripto terpopuler di dunia. Berikut isi daftarnya dibawah ini.

1. Bitcoin

List pertama sebagai mata uang kripto terpopuler di dunia ialah bitcoin (BTC) dengan kapitalisasi pasar mencapai 1,17 triliun dollar AS. Sistem bitcoin yang menggunakan teknologi blockchain menjamin keamanan akan segala transaksi yang terjadi.

2. Binance Coin

Kedua, ada Binance coin (BNB) dengan kapitalisasi pasar senilai lebih dari 88 milliar dollar AS. Binance dapat dipakai sebagai alat perdagangan, transaksi pembayaran, hingga pemesanan pengaturan perjalanan. 

Keuntungan dari Binance ialah nilainya yang dapat ditukar dengan cryptocurrency lainnya seperti bicoin. 

3. Ethereum

Daftar ketiga terdapat Ethereum (ETH) dengan kapitalisasi pasar senilai lebih dari 520 miliar dollar AS. Ethereum menyediakan platform cryptocurrency, blockchain, serta program Non-Fungible Token (NFT) dan kotak pintarnya.

4. Dogecoin

Daftar keempat pada cryptocurrency terpopuler di dunia jatuh kepada Dogecoin (DOGE). Popularitas Dogecoin meningkat berkat Elon Musk yang membicarakannya di media sosial.

Namun, kelemahan dari dogecoin adalah tidak adanya batasan jumlah dogecoin yang dapat dibuat. Sehingga, dogecoin sangat rentan akan devaluasi ketika pasokan meningkat.

5. Cardano

Kemudian, ada Cardano ) ADA dengan nilai kapitalisasi pasar mencapai lebih dari 70 miliar dollar AS. Keuntungan dari cardano ialah adanya validasi bukti kepemilikan dari cryptocurrency.

Hal ini menjadikan proses transaksi cardano menjadi lebih cepat mengurangi dampak lingkungan dengan penghematan energi yang dipakai. Selain itu, cardano juga memiliki fitur kotak pintar seperti ethereum.

6. Solana

Selanjutnya ada Solana (SOL) dengan nilai kapitalisasi pasar sebesar 60 miliar dolar AS. Keuntungan dari solana ialah adanya mekanisme bukti kepemilikan dan bukti riwayat hibrida unik. 

Selain itu, solana juga mendukung penggunaan keuangan terdesentralisasi (DeFi), aplikasi terdesentralisasi (DApps) serta kontrak pintar. Sehingga menjadikan proses transaksi menjadi aman dan cepat.

7. Tether

Salah satu cryptocurrency yang paling unik ialah Tether (USDT). Dengan nilai kapitalisasi sebesar 70 miliar dollar AS, Tether mempunyai bentuk stablecoin.

Maksud dari stablecoin disini ialah bahwa jenis cryptocurrency ini mendukung mata uang fiat seperti dollar AS dan Euro. Sehingga menjadikan nilai Tether lebih stabil dan cocok bagi para investor yang menginginkan minim fluktuasi nilai mata uang.

8. XRP

Kemudian, ada XRP dengan nilai kapitalisasi sebesar 50 miliar dollar AS. Teknologi dalam XRP dapat digunakan sebagai perantara pertukaran berbagai jenis uang.

9. Polkadot

List terakhir pada mata uang kripto terpopuler di dunia adalah [polkadot (DOT) dengan nilai kapitalisasi pasar mencapai 43 miliar dolar AS. Sejak peluncurannya pada tahun 2020, polkadot menawarkan integrasi jaringan antara blockchain.

Kesimpulan

Itulah daftar beberapa mata uang kripto terpopuler di dunia. Dari daftar di atas, anda bisa memutuskan cryptocurrency mana yang anda ingin pakai. Baik sebagai mata uang maupun investasi dalam jangka panjang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *